Bunga Krisan

11128757_988949501116765_1462643617_n IMG_20150331_081524 IMG_20150331_081850 IMG_20150331_083021

Bunga Krisan (Chrysanthemums), biasa dikenal dengan sebutan bunga aster atau seruni. Bunga Krisan merupakan tanaman hias yang memiliki nilai ekonomi tinggi dan berpotensi untuk dikembangkan secara komersial. Prospek pasar bunga krisan sangat bagus, dimana permintaan bunga krisan di Indonesia setiap tahun cenderung meningkat. Dengan pengembangan tanaman krisan, diharapkan berdampak positif terhadap pertumbuhan ekonomi daerah yang lebih baik.

Tepatnya di  Desa Sumberpitu Kecamatan Tutur Kabupaten Pasuruan, ada sebuah tempat Budidaya Bunga Krisan yang dikelola oleh Mas Khoiron, S, Kom. Beliau adalah Santri dan Pengurus di Pondok Pesantren Ngalah Sengonagung Purwosari Pasuruan, Beliau juga menamatkan pendidikan Sarjananya  di Program Studi Teknik Informatika Universitas Yudharta Pasuruan Tahun 2014 lalu.

Selain menjadi santri, beliau juga berbisnis budidaya bunga krisan yang dikembangkan di rumah beliau tepatnya di Desa Sumberpitu Kecamatan Tutur Kabupaten Pasuruan, karena beliau berfikiran bahwa seorang santri bukan hanya bisa mengaji dan mengkaji ilmu agama, tetapi seorang santri harus ulet didunia bisnis agar santri mempunyai wawasan yang lebih sebagai nilai plus untuk terjun di masyarakat.

Peta pemasaran hasil budidaya Bunga Krisan beliau sudah cukup luas, terutama kepada para pebisnis dekorasi acara seperti resepsi pernikahan, rapat di gedung, dll.

PROSES/CARA BUDIDAYA

Persiapan Lahan

  1. Pertama-tama kita harus mengolah tanah supaya gembur. Selanjutnya kita juga bisa menambahkan pupuk kandang dan juga dolomit ke dalam tanah untuk meningkatkan kesuburan tanah sekaligus mengatur keasaman tanah. Perlu diketahui bahwa tanaman krisan membutuhkan pengairan yang sangat baik maupun drainase yang sangat baik. Oleh sebab itu kita sebaiknya mengatur kondisi lahan sehingga memenuhi persyaratan tersebut. Dan satu hal lagi yang sangat penting yaitu bahwa tanaman krisan tidak tahan terhadap terjangan air hujan, oleh karena itu metode penanaman dibuatkan tempat green house yang sangat disarankan.
  2. Kedua kita harus membuat tempat penegak bunga agar batang bunga krisan tidak terjadi melengkung. Tempat penegak bunga krisan seperti jaring bola voli dengan ukuran 10 cm x 10 cm.
  3. Ketiga membuat bedengan dengan menggunakan cangkul sedalam 30 cm yang ukuran panjang lebarnya sama dengan 1 m x sesuai kondisi panjang lahan.
  4. Beri pupuk dasar dan Gemburkan bedengan tersebut dengan air selama 5 atau 7 hari setiap pagi dan sore.
  5. Beri pupuk penyubur tanah pada bedengan tersebut.
  6. Sambil menggemburkan bedengan membuat tempat lampu pada atas bunga dengan ukuran:

– Jarak dari tanah: 2 m

– Jarak lampu satu dengan yang lain: 2 m

Penanaman Bibit

Dalam pembibitan kami tidak budidaya sendiri, akan tetapi kami membeli bibit di daerah Sliro Tutur Pasuruan. Setelah itu proses penanaman bibit bunga krisan sebagai berikut:

  1. Penanaman dilakukan pada pagi atau sore hari dimana temperatur udara tidak terlalu panas dan sinar matahari belum/tidak lagi terik.
  2. Membuat lubang dengan kayu pada bedengan yang telah dibuat dengan kedalaman 2 – 3 cm.
  3. Penanaman bibit
  4. Setelah selesai penanaman bibit, siramlah dengan air dan penyiraman dilakukan setiap pagi dan sore pada musim kemarau, sedangkan pada musin hujan dilakukan 1 kali dalam 2 hari.

Perawatan

Dalam merawat bunga krisan dilakukan tahap sebagai berikut:

  1. Setiap seminggu dilakukan penyemprotan zat batang agar menjadi kuat dan zat daun supaya terlihat hijau segar.
  2. Setiap 10 hari dilakukan pemupukan pada lahan tanaman.
  3. Berilah obat pada tanaman jika terdapat penyakit.
  4. Setelah calon bunga mulai bermunculan hentikan pemberian zat daun dan pestisida.
  5. Saat bunga mulai mekar, maka bunga krisan tersebut siap untuk dipanen dengan cara dipotong.

MANFAAT bunga krisan

Dapat digunaka sebagai :

  1. Dekorasi Pernikahan.
  2. Dekorasi vendor wo, sanggar rias & catering.
  3. Dekorasi Event.
  4. Pemberian Hadiah Ulang Tahun.
  5. Ucapan Belasungkawa.
  6. Dapat dijadikan sebagai obat tradidional untuk mengatasi sakit batuk, nyeri perut oleh angin, dan sakit kepala akibat peradangan rongga sinus.

TEKNOLOGI YANG DIGUNAKAN

  1. Rumah Lindung (Green House)
  2. Cangkul
  3. Slang Palstik
  4. Ember
  5. Gunting Stek
  6. Sanyo Air

HARGA

Bervariasi, lihat jenis dan banyaknya

CONTACT PERSON

  • Mas Mohamad Khoiron
  • HP : 085736033678
  • Facebook : Mohamad Khoiron

3 responses to “Bunga Krisan

  1. Sujaryati.laswi82@gmail.com

    Pa mohamad khoiron, saya mau coba tanambunga krisan tapi bagaimana cara pemasarannya , saya kurang faham cara menjualnya , padahal saya ada tanah yg kosong sekitar 3800 m2 , tanah itu tdk produktif, sementara saya memerlukan tambahan penghasilan , saya mohon saran dari bapak, terimakasih

    Suka

Silahkan Anda Mengomentari Halaman ini